Tips Membuat Resep Masakan Sehat & Bergizi Seimbang

Banyak cara yang bisa Ibu lakukan untuk bikin menu masakan sehat dengan rasa yang lezat, lho! Salah satunya adalah memilih bahan makanan dan bumbu-bumbu yang beragam, serta memastikan cara pengolahan yang benar. Hal ini karena untuk memasak resep masakan sehat, cara pengolahannya pun perlu diperhatikan supaya kandungan gizi di dalam makanan tetap terjaga. Dengan proses pengolahan yang tepat dan asupan bahan makanan yang beragam, menu masakan yang Ibu sajikan bisa memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Yuk, intip tips memasak resep masakan sehat sehari-hari berikut ini!

1. Batasi Penggunaan Bahan Makanan Sumber Lemak

Batasi Penggunaan Bahan Makanan Sumber Lemak

Tips pertama untuk membatasi penggunaan bahan makanan sumber lemak adalah dengan kurangi penambahan minyak atau mentega pada masakan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat masak yang mendukung, seperti wajan anti lengket atau gunakan kuas masak saat menambahkan minyak atau mentega ke atas wajan.

 

2. Selalu Masukkan Bahan Makanan Sumber Protein ke Menu Makanan

Selalu Masukkan Bahan Makanan Sumber Protein ke Menu Makanan

Bahan makanan sumber protein sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari lho, Bu! Hal ini karena protein merupakan zat gizi komponen utama pembentuk sel dan jaringan tubuh yang penting untuk berjalannya fungsi normal organ tubuh untuk mendukung kesehatan. Protein juga berperan penting sebagai sumber cadangan energi di dalam tubuh. Ibu bisa memilih bahan makanan seperti telur ayam, telur puyuh, berbagai jenis ikan, daging ayam, maupun daging sapi sebagai sumber protein pada menu makanan di rumah.

3. Olah Sayuran dengan Baik dan Benar

Olah Sayuran dengan Baik dan Benar

Menjaga kebersihan maupun kandungan gizi di dalam sayuran adalah hal yang penting untuk mendapatkan manfaat dan kebaikan dari mengonsumsi makanan olahan sayur. Sebelum memulai memasak sayur, cara membersihkannya adalah sebagai berikut:

  • Cuci tangan hingga bersih selama 20 detik;
  • Sisihkan bagian sayuran yang sudah layu dan berubah warna;
  • Bersihkan dan cuci sayur di air mengalir;
  • Keringkan sayur dengan meniriskannya atau dengan kain untuk menghindari tumbuhnya bakteri.

Setelah itu, Ibu bisa mengolah sayur dengan berbagai cara sesuai preferensi. Jika merebus sayur, ingat untuk mengatur waktu agar tidak terlalu lama ya, Bu. Tujuannya agar kandungan gizi, kualitas, juga tekstur sayuran tetap terjaga.

4. Pilih Bahan Makanan yang Segar

Pilih Bahan Makanan yang Segar

Saat mengolah makanan untuk keluarga, ingat untuk selalu memilih bahan makanan yang segar baik untuk sayuran maupun lauk pauk sumber protein. Jika Ibu berencana membuat makanan menggunakan lauk pauk seperti daging ayam atau sapi, pastikan kesegarannya dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Permukaan daging mengkilat namun tidak berlendir;
  • Warna daging cerah;
  • Jika dipegang teksturnya kenyal;
  • Nggak berbau amis yang menyengat.

5. Atur Porsi Makanan Seimbang

Atur Porsi Makanan Seimbang

Pastikan menu makanan yang Ibu sajikan mengandung gizi seimbang dan menggunakan bahan makanan yang beragam. Ingat untuk selalu memasukkan sumber karbohidrat, sumber protein, sumber lemak, serta sayuran ke dalam menu makanan harian keluarga. Ibu bisa mengombinasikan sumber karbohidrat dengan sayuran atau mencari bahan makanan karbohidrat yang juga kaya akan serat, lalu membuatnya dalam satu sajian resep masakan sehat yang lezat.

Demikian beberapa tips membuat resep masakan sehat gizi seimbang. Yuk, segera praktikkan agar bisa menghidangkan makanan bergizi buat keluarga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top